SMP NEGERI 6 UNGGUL ADAKAN JUMAT BERSIH; SAMBUT ACARA WORLD CLEANUP DAY (WCD) 2020

18-09-2020
Foto Berita

Pagi ini, Jumat 18 September 2020 tim kebersihan SMP Negeri 6 Unggul Sekayu mengadakan aksi bersih-bersih lingkungan sekolah. Selain sebagai kegiatan rutinitas, kegiatan ini sebagai wujud partispasi menyambut kegiatan aksi bersih-bersih dunia yang dikenal World Cleanup Day (WCD) tahun 2020 yang akan diselenggarakan pada tanggal 19 September 2020.

September menjadi bulan istimewa dan bersejarah. Di bulan ini akan diselenggarakan sebuah aksi bersih-bersih secara serentak di seluruh belahan dunia yang lebih dikenal dengan World Cleanup Day (WCD). Aksi World Clean up Day sendiri diperkenalkan oleh organisasi Lets Do it Indonesia yang merupakan organisasi di bawah Lets Do It World sejak tahun 2014. Indonesialah yang telah mencetak sejarah dengan menjadi pemimpin di aksi bersih-bersih terbesar dunia selama dua tahun berturut turut, pada tahun 2018 dan 2019.

Di tahun 2019 tepatnya pada tanggal 21 September Indonesia memimpin aksi gotong royong terbesar dunia dengan melibatkan lebih dari 9 ribu relawan yang tersebar di 186 kota/ kabupaten di Indonesia dengan melibatkan 2.883 komunitas, 1690 sekolah/ pesantren, 127 universitas, 340 perusahaan dengan 381 titik maping dan berhasil mengumpulkan sampah dengan berat 15. 382.865 Kg. Di tahun yang sama, SMP Negeri 6 Unggul Sekayu juga telibat aksi World Cleanup Day dI titik Water Front Sekayu Bersama berbagai komuniatas dan organisasi, sekolah dan para penggiat lingkungan.

Tahun ini, aksi World Clean up Day pun akan kembali digelar pada hari Sabtu, 19 September. Namun, Ada perbedaan yang siginifikan tentang penyelenggaraan WCD tahun ini dengan tahun tahun sebelumnya. Kita semua tahu bahwa tahun ini seluruh dunia tengah menghadapi pandemik Covid 19, maka aksi bersihbersih tahun ini tidak melakukan penghimpunan massa yang banyak, akan tetapi aksi bersih-bersih dilakukan di wilayah dan di rumah masing-masing peserta.

Di aksi ini juga akan dibarengi dengan sosialisasi program pemerintah yaitu Gerakan Pilah Sampah dari rumah sehingga hasil akhir yang akan diperoleh dari kegiatan ini adalah jumlah sampah yang dihimpun dan maping lokasi timbulan sampah illegal yang ada di Kabupaten Musi Banyuasin. Dan telah dikoordinasikan oleh Dinas Lingkungan Hidup Musi Banyuasin. Semoga kegiatan ini memberikan kebermanfaatan untuk hidup yang lebih baik.

Berita Terbaru

Upacara Pengukuhan Paskibra SMPN 6 Unggu...

25-04-2024

#berita_spenus Upacara dilaksanakan pada Kamis, 25 April 2024 dan dipimpin langsung oleh Bapak Muri, S.Pd., M.Si (Kepala Sekolah) sebagai Pembina ...

Selengkapnya

Halal Bihalal Idul Fitri 1445 Hijriah...

23-04-2024

#berita_spenus Kegiatan Halal Bihalal Idul Fitri rutin dilaksanakan untuk menjaga silaturahim dan rasa kekeluargaan antara warga sekolah di SMPN ...

Selengkapnya

Apel Pertama setelah Libur Ramadhan...

23-04-2024

#berita_spenus Senin, 22 April 2023 dilaksanakan apel pagi pertanda hari pertama masuk sekolah setelah libur panjang lebaran bagi peserta didik. ...

Selengkapnya