Kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi membuat para guru dan sekolah dituntut mampu menggunakan Teknologi Informasi (IT) dalam proses pembelajaran, termasuk yang dilakukan SMPN 6 Unggul Sekayu dalam melakukan evaluasi pendidikan menggunakan IT, seperti e-raport atau rapor elektronik.
Kamis (17/09/2020), SMP Negeri 6 Unggul Sekayu menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Teknik (Bimtek) penilaian dan penggunaan aplikasi E-Raport dalam rangka implementasi Kurikulum 2013. Kegiatan ini dilaksanakan di ruang Laboratorium Komputer Lantai 1 dan diikuti oleh guru-guru SMP Negeri 6 Unggul Sekayu. Bimtek dipandu oleh Operator Sekakolah, Bapak Budi dan didampingi langsung oleh Ibu Pipin Ariestaningsih, S.Pd., M.Pd. selaku Wakil kepala sekolah bidang Kurikulum (Akademik).
Kegiatan ini dibuka langsung oleh Bapak Muri S.Pd. M.Si., kepala SMP Negeri 6 Unggul Sekayu. Pada saat pembukaan ini ia, menyampaikan, Guru tersebut melakukan penguatan dalam penilaian, serta penyegaran dalam pemetaan nilai raport. Penggunaan e-raport seiring kemajuan teknologi dan juga guna meringankan tugas para guru kedepan yang akuntabel. Penggunaan aplikasi E-Raport melalui Kurikulum 2013 ini, dapat meningkatkan kemampuan guru dalam menguasai teknologi terutama penginputan nilai. Ia memaparkan tujuan dari kegiatan ini agar para guru memahami substansi penilaian e-raport mulai dari penginputn data siswa sampai penginputan data sekolah.
E-raport merupakan aplikasi multi user yang terdiri dari tiga komponen pengguna masing-masing admin, guru dan wali kelas. Dengan e-raport, sekolah dan pihak luar bisa seperti orang tua bisa melihat evaluasi hasil belajar siswa dari ulangan harian, lembar kerja hingga ujian akhir semester, katanya. Penilaian harian, tengah semester, nilai teori, nilai praktek dan nilai akhir semester juga bisa dilihat (akses) secara online. Dengan demikian, orang tua siswa melihat langsung perkembangan anaknya lewat aplikasi yang tersedia, ke depannya.