Lingkungan sekolah merupakan wadah belajar dan pembentukan karakter dan perilaku anak untuk mengembangkan berbagai aspek menyangkut pengembangan sikap, pengetahuan maupun keterampilan sebagai bekal anak/peserta didik dalam menghadapi tantangan zaman. Lingkungan sekolah yang ideal adalah sekolah yang mampu menciptakan suasana aman, nyaman, rapi, asri dan kondusif yang dapat memperlancar proses kegiatan belajar mengajar di sekolah.
Kali sebagai salah satu upaya upaya menciptakan kenyaman disekolah, SMPN 6 Unggul Sekayu menghadirkan dan melakukan perawatan kembali Green House. Hal ini sebagai wujud implementasi sekolah adiwiyata mandiri. Sekolah Adiwiyata adalah salah satu program yang diselenggarakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup, yang diharapkan seluruh warga sekolah turut berpartisipasi didalamnya.
Tentunya dengan menyandang predikat sekolah adiwiyata mandiri terus berupaya mencipatakan lingkungan sekolah yang bersih,rapi dan terawat, serta menimbulkan rasa aman, nyaman dan kondusif pada warga sekolah. Pada pelaksanaannya, penting bagi sekolah untuk mengembangkan program pelestarian lingkungan yang diintegrasikan dalam kurikulum dan dilaksanakan oleh seluruh warga sekolah.
Keberadaan green house di sekolah dapat digunakan sebagai sarana pembelajaran khususnya bagi pelajaran biologi untuk belajar langsung (praktikum) dan mengajak para siswa untuk mengenali, mencintai dan melestarikan lingkungan. Green house selain memiliki fungsi menghindari terpaan air hujan yang dapat menyebabkan tumbuhan tersebut rusak atau mati, para siswa juga menjadi lebih nyaman dalam mempelajari jenis-jenis tanaman saat berada di dalam ruangan green house