Visitasi Akreditas Gugus Depan Musi Banyuasin 02-141 & 02-142 Pangkalan SMP Negeri 6 Unggul Sekayu

21-01-2021
Foto Berita

SPENUS_MUBA, Akreditasi gugus depan merupakan proses seluruh kegiatan evaluasi dan penilaian secara komprehensif atas komitmen gugus depan terhadap mutu dan kapasitas penyelenggaraan program pendidikan kepramukaan. Visitasi Akreditas Gugus Depan Musi Banyuasin 02-141 & 02-142 Pangkalan SMP Negeri 6 Unggul Sekayu dilakukan oleh Tim Asesor Kwarda Sumsel yang terdiri dari Kak H. Hasan Basri, S.Pd, M.Pd (Kepala Pusdiklatda Mahameru) dan Kak Dr. Sungkowo Soetopo, M.Pd, M.Sn.

Kegiatan visitasi dilakukan melalui observasi lapangan, observasi dan wawancara dengan warga gugus depan dalam rangka verifikasi, validasi, klarifikasi terhadap data dan informasi yang diberikan oleh Kak Muri, S.Pd, M.Si (Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan) dan Pembina Gugus Depan melalui perangkat instrumen akreditasi gugus depan.

Kegiatan visitasi ini dihadiri oleh Pengurus Kwartir Cabang Musi Banyuasin, Pengurus Kwartir Ranting Sekayu, Para Ka Mabigus dalam jajaran Kwarran Sekayu, Pengurus Gugus Depan dihadiri oleh Kak Hardiansyah, SE, M.Si (Ketua Gudep 02-141), Kak Armaleni (Ketua Gudep 02-142), Kak Muhammad Hamzah (Sekretaris Gudep 02-141), Kak Zabendra Adi Putra, SH (Pembina Pasukan Penggalang Diponegoro), Kak Irma, SE (Pembina Pasukan Penggalan Cut Nyak Dhien).

Kelayakan gugus depan ditunjukkan dengan bukti-bukti yang dipersyaratkan dalam akreditasi gugus Depan. Pramuka SMP N 6 Unggul Sekayu selalu mengembangkan komponen (1) Data Keanggotaan, (2) Standar Administrasi Gugus Depan, (3) Standar Pengelolaan Gugus Depan, (4) Standar Kompetensi Pembina, (5) Standar Kegiatan Gugus Depan, (6) Standar Pencapaian SKU, SKK dan SPG, (7) Standar Sarana Prasarana, (8) Pengalaman Pembina mengikuti kegiatan pada Bidang Pendidikan, Sosial dan Keagamaan dan (9) Penghargaan dan Prestasi.

Asesor menyampaikan bahwa Kompetensi Pembina sudah mumpuni karena setidaknya telah memiliki 2 orang Pembina Putra lulusan KMD, 3 orang Pembina Putra lulusan KML, 2 orang Pembina Putri lulusan KMD dan 1 orang Pembina Putri lulusan KML. Pelaksanaan pendidikan kepramukaan di SMP 6 Unggul Sekayu juga mengaplikasi amanat Permendikbud 63 tahun 2014 melalui model blok, model aktualisasi dan model reguler di Gugus Depan. Sarana dan Prasarana yang dimiliki sudah baik, hanya saja besar harapan asesor kiranya sanggar gugus depan agar diberikan yang lebih representatif karena sanggar yang dimiliki sekarang terasa kurang layak dibandingkan dengan padatnya kuantitas kegiatan kepramukaan dan kualitas anggota yang sudah mewakili Sumatera Selatan pada agenda Lomba Tingkat V (Nasional), sudah ada juga Pramuka Garuda Putra dan Putri, bahkan ada anggota pramukanya yang mengikuti kegiatan Everthing is Possible Jambore Thailand.

Gayung bersambut dengan asesor, Kak Muri akan sesegera mungkin berkoordinasi dengan pimpinan Dinas Dikbud Muba untuk menyiapkan sanggar yang lebih representatif. Semoga dengan visitasi akreditasi gugus depan, pembinaan kepramukaan di SMP Negeri 6 Unggul Sekayu akan selalu berkembang dan berkualitas.

Berita Terbaru

Upacara Bendera SMPN 6 Unggul Sekayu Per...

08-01-2024

#berita_spenus Senin, 8 Januari 2024 seluruh warga sekolah mulai dari Kepala Sekolah, guru, staff dan peserta didik mengikuti upacara bendera har ...

Selengkapnya

Sukses, Spenus Cup 2023 Berjalan dengan ...

18-12-2023

#berita_spenus Tiga hari sudah kompetisi basket dalam rangka Spenus Cup 2023 dilaksanakan di lapangan basket SMPN 6 Unggul Sekayu. Kamis, 14 Dese ...

Selengkapnya

Pembukaan Spenus Cup 2023...

18-12-2023

#berita_spenus SMPN 6 Unggul Sekayu dalam masa class meeting ini mengadakan event yang sangat seru yaitu Spenus Cup. Adapun kompetisi yang diadak ...

Selengkapnya