Vaksinasi Covid-19 Dosis ke 2 Peserta Didik Kelas 9 SMPN 6 Unggul Sekayu

07-10-2021
Foto Berita

#Spenus_Muba, Peserta didik kelas 9 SMPN 6 Unggul Sekayu melaksanakan program vaksin covid19 dosis ke2. Vaksinasi ini dijadwalkan 2 sesi oleh pihak kesiswaan tanpa menganggu jam pelajaran luring bagi kelas 9.Berdasarkan studi dariThe New England Journal of Medicine, setelah mendapatkan dosis kedua, seseorang akan mendapatkan jumlah antibodi yang lebih banyak untuk melawan virus dan meningkatkan keefektifan vaksin di dalam tubuh.

Salah satu vaksin yang digunakan di Indonesia adalah Sinovac. Sinovac perlu diberikan sebanyak dua dosis dengan interval 14-28 hari. Dosis pertamaditujukan untuk memicu respons kekebalan awal dan dosis kedua untuk menguatkan respons imun yang telah terbentuk sebelumnya. Dengan mendapatkan dosis ke-2 setelah 28 hari, maka antibodimu akan terbentuk dengan optimal.

Dalam 14-28 hari pertama, vaksin akan bekerja sekitar 60%. Setelah dosis kedua, vaksin akan bekerja setidaknya 90%.

Beberapa vaksin lain, seperti cacar air, hepatitis A, Herpes Zoster (cacar ular), juga memerlukan dua dosis vaksin, untuk mencegah penyakit dan mengoptimalkan kekebalan dalam tubuh.

Kini dengan perkembangan beberapa varian Covid-19, terlebih varian Delta yang lebih cepat menular dan berbahaya, vaksin dengan 2 dosis dibutuhkanagar tubuh mendapat kekebalan terbaik.

Tidak semua orang mempunyai respons dan tingkat kekebalan yang sama setelah dosis pertama. Oleh karena itu, dengan memastikan semua orang mendapatkan dosis kedua, akan diperoleh kekebalan terbaik. Kepala SMPN 6 Unggul mengatakan bahwa: 'Jika peserta didik hanya mendapatkan dosis pertama vaksinasi Covid-19, kita semua tidak akan mencapaiherd immunity. Kekebalan kelompok hanya akan tercapai apabila mayoritas orang di suatu wilayah mendapatkan dua dosis vaksin Covid-19'.

Berita Terbaru

Pelaksanaan Ujian Satuan Pendidikan (USP...

13-05-2024

#berita_spenus Sekolah Menengah Pertama di Musi Banyuasin termasuk SMPN 6 Unggul Sekayu pada Hari Senin, 13 Mei 2024 melaksanakan Ujian Satuan Pe ...

Selengkapnya

Upacara Hari Pendidikan Nasional 2024...

02-05-2024

#berita_spenus Kamis, 2 Mei 2024 layaknya hari-hari besar lainnya, SMPN 6 Ungggul Sekayu melaksanakan Upacara Hari Pendidikan Nasional tahun 2024 ...

Selengkapnya

Upacara Pengukuhan Paskibra SMPN 6 Unggu...

25-04-2024

#berita_spenus Upacara dilaksanakan pada Kamis, 25 April 2024 dan dipimpin langsung oleh Bapak Muri, S.Pd., M.Si (Kepala Sekolah) sebagai Pembina ...

Selengkapnya